My Blog List

Tuesday, August 6, 2013

Karuta

"Karuta (かるた) adalah permainan kartu bergambar dari Jepang. Permainan ini paling sedikit dimainkan oleh tiga orang pemain, termasuk orang yang membacakan kartu. Karuta sering dimainkan sebagai salah satu tradisi tahun baru Jepang." (wikipedia)

Karuta *--* entahlah, akhir-akhir ini saya lagi penasaran abis sama Karuta. Awalnya, sih, gara-gara anime. Dan emang kebetulan akhir-akhir ini juga saya lagi seneng nonton anime xD. 




Tapi sebetulnya saya belum terlalu ngerti soal Karuta xD. Mau seacrhing tapi semua web-nya pake Bahasa Inggris. Yasalam -_,-

Setelah searching berpuluh-puluh kali.. *dor* ternyata Karuta ada macem-macem. Tapi Karuta yang saya penasaran(in) banget2222 itu yg pake Hyakunin Isshu. Hyakunin Isshu (百人一首) [barusan translate] artinya permainan 100 kartu. Dan yah.. memang seperti itu. Hyakunin Isshu itu kumpulan 100 puisi dari 100 penyair yg berbeda. (wikipedia) Wah *__* 


Cara mainnya? Selihat saya di anime Chihayafuru, sih, si pemain harus hafal Hyakunin Isshu-nya, terus nanti kartunya diacak-acak terus disusun diatas tatami. Nah nanti dikasih waktu sekitar 15 menit buat ngehafal posisi kartu. HUAH.


Saya punya, sih video-nya. Tapi kuota tinggal dikit x''o

Yaudah itung aja ini baru part 1-nya. Part selanjutnya ditunggu ~


Ohiya, ini contoh-contoh gambarnya..



Pemain karutanya tuh '_')~



Ini dia contoh gambar kartu-nya '_')~ yang kuning yg dibaca sama pembaca-nya, yg putih yg kita mainin '_')~



(sumber materi & foto: berbagai web & wikipedia)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.